Beasiswa Bazma Pertamina

Tema : Inilah saya bagi keluarga dan kontribusi yang telah, sedang dan akan saya berikan untuk indonesia.
Judul : Alasan saya terlahir di keluarga dan indonesia tercinta

Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Biasanya anak pertama adalah harapan bagi orang tua untuk membiayai adik-adik saya. Banyak sekali kasih sayang yang mereka berikan untuk saya .  Sejak kecil hingga saat sekarangpun semua kebutuhan saya ditanggung orang tua saya. Saya bersyukur hidup di keluarga sederhana ini. Bapak saya seorang PNS dan ibu saya adalah ibu rumah tangga. Alhamdulillah, sejak SD hingga sekarang saya masuk di sekolah negeri sehingga mengurangi biaya keluarga saya. Masuk di sekolah negeri merupakan kebanggaan saya dan keluarga saya. Juga saya pernah mengajar menjadi guru bimbel di INSC. Mengajar di sebuah bimbel menjadi pengalaman luar biasa dalam hidup saya karena menambah pengalaman seperti cara mengajar, mengendalikan emosi, membantu ekonomi keluarga dan menambah pertemanan. Sayangnya keterbatasan waktu dan jarak yang cukup jauh menjadi hambatan, maka saya tidak melanjutkan lagi. Tetapi usaha saya tidaklah seberapa dibandingkan orangtua saya yang memberi dan menyayangi saya sepanjang masa.

Saat ini saya sedang menuntut ilmu di Universitas Negeri Jakarta di bidang studi kimia. Kenapa saya memilih bidang studi kimia ?. Saya memilih bidang kimia karena saya sangat tertarik dengan ilmu kimia, dan segala sesuatu pastinya menyangkut dengan pengetahuan, penelitian dan pengembangan kimia. Mulai dari obat, kosmetik, plastik, bahkan makanan. Hal-hal yang telah saya lakukan pada semester satu adalah aktif ikut organisasi Badan Esekutif Mahasiswa Prodi Kimia (BEMP kimia), dan saya ditempatkan di departemen Pengembangan Profesi Keilmiahan dan Akademik (P2KA). Organisasi ini bertujuan untuk mengembangkan potensi-potensi seluruh mahasiswa kimia di bidang keilmiahan dan akademik melalui BEM.

Prestasi yang telah saya capai saat ini adalah bisa menjadi panitia event di Progam Kerja di BEM. Event atau kegiatan-kegiatan yang pernah telah saya jalankan sebagai panitia adalah Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (WPKM), Tutorial kimia dan, Sharing Praktik Kerja Mengajar (SPKM). Program tersebut bertujuan untuk pemecah masalah bagi mahasiswa kimia khususnya di Universitas Negari Jakarta. Misalnya; WPKM Bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam membuat Program Kreativitas Mahasiswa  (PKM), Tutorial kimia untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar dan, SPKM bertujuan menyebarkan pengalaman praktik lapangan oleh mahasiswa kimia

Hal lain yang sedang saya lakukan sekarang adalah membuat suatu PKM-P yang berjudul  PEMANFAATAN KULIT NANGKA SEBAGAI KARBON AKTIF TERHADAP CO2, CaCO3 dan, NH4 sebagai BUDIDAYA IKAN KOI DI AQUARIUM. Alasan saya membuat karya tulis ilmiah karena saya melihat permasalahan kualitas air di indonesia semakin buruk. Hal itu ditegaskan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang dikutip oleh tempo.co yang menyebutkan bahwa kualitas air di Indonesia terus menurun. Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain menyatakan bahwa menurunnya kualitas air terutama terjadi di kota-kota besar, dimana air permukaan sungai terus mengalami pencemaran dan rusak. Penyebabnya adalah eksploitasi air oleh manusia, limbah rumah tangga, dan kegiatan industri (Tempo.co, 2014). Saya berharap dengan pembuatan karya tulis ilmiah dapat membantu dan berkonstribusi dalam menyelesaikan permasalahan buruknya kualitas air.

Disamping itu, saat ini juga saya sedang merencanakan usaha membuat sabun dari yogurt. Alasan bahan sabun terbuat dari yoghurt karena manfaat yang terkandung dari yoghurt sangatlah banyak. Dikutip dari detikhealth salah satu manfaat yoghurt adalah membantu kulit bersih dan mulus. Asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator, yang membantu menyingkirkan sel-sel mati (Kinanti, 2013). Selain itu sabun yoghurt ini tidak mengandung bahan yang menyebabkan iritasi. Menurut liputan6.com, Bahan tersebut antara lain Sodium Lauryl and Laureth Sulfate, Tetrasodium EDTA dan lain-lain (Rahasia Tersembunyi yang Menakutkan di Balik Sabun Mandi, 2012). sehingga seorang yang iritan terhadap bahan tersebut tidak perlu khawatir dengan sabun yoghurt ini.

Saya sangat terinspirasi dari salah satu dosen saya, Bapak Tono, beliau mengatakan bahwa Indonesia sedang membutuhkan lapangan pekerjaan yang banyak, akan tetapi banyak sekali orang Indonesia menganggur.  Benar saja, menurut Badan Pusat Stasistik (BPS) pengangguran di indonesia Febuari 2017 sebesar 5,33 persen (Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 5,33 Persen, 2017). Menurut koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, saat ini jumlah pengusaha Indonesia 3,10 persen dari jumlah penduduk Indonesia 225 juta (Wicaksono, 2017). Meskipun sudah mencapai jumlah ideal minimun, tetapi masih banyak orang menganggur. Maka cita-cita saya ingin menjadi science enterpreneur. Kedua saya ingin bekerja di BPOM karena saya ingin melindungi masyarakat indonesia dari makanan dan obat yang tidak layak. Selain itu bekerja di BPOM merupakan suatu pengabdian terhadap negara. Pilihan ketiga saya ingin menjadi peneliti dibidang ilmu kimia di lembaga pemerintahan atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Jika saya diterima beasiswa BAZMA Pertamina, saya bersyukur karena diberi kesempatan ini untuk memanfaatkan beasiswa sebaik-baiknya untuk biaya perkuliahan sehingga saya bisa membantu finansial orang tua saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kenapa warna api berbeda-beda ?

materi asam basa